Telkom Corporate University

Tujuan Telkom Corporate University, Mencapai Kinerja Bisnis Yang Gemilang

Untuk mencapai hasil luar biasa, maka diperlukan pula cara yang tidak biasa,dan ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang luar biasa. Sumber daya manusia adalah tantangan yang sangat mendasar dalam melakukan ekspansi internasional. Hal ini dituturkan oleh Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom), Arief Yahya terkait ekspansi bisnis yang dilakukan Telkom. “Karena cita-cita Telkom adalah global, Telkom harus menyertifikasi diri dengan global standard,” tegas Arief Yahya.

Manajemen menegaskan bahwa center of excellence dalam pengembangan SDM menjadi inisiatif strategis pertama dan utama. “Makanya ketika saya ditunjuk menjadi Direktur Utama Telkom, saya segera membentuk Telkom Corporate University atau Telkom CorpU,” ujar Arief Yahya.

Secara umum, Telkom CorpU merupakan wahana strategis yang dirancang untuk mendukung pencapaian misi perusahaan dengan melakukan kegiatan dalam memperkuat atau memperkokoh kemampuan belajar individu dan organisasi.

Arief menambahkan, pada prinsipnya semua hasil Learning & Development harus berkorelasi dan mendukung langsung kinerja bisnis Telkom agar terus tumbuh secara berkesinambungan di atas perkembangan industri. “CorpU benar-benar dibangun untuk menempatkan Telkom sebagai Center of Excellence,” lanjutnya.

Selain itu, CorpU didirikan atas pertimbangan saat ini Indonesia berada dalam kancah persaingan global atau clash of global. Telkom yang mewakili BUMN Indonesia Incorporated dalam bisnis digital harus memiliki International Standard. Hal itulah yang kemudian menjadi tugas bagi CorpU, yaitu melakukan sertifikasi sesuai standar internasional.

“Untuk mencapai hasil yang luar biasa diperlukan cara-cara yang tidak biasa dilakukan, yang hanya bisa dilakukan oleh orang-orang luar biasa,” kata Arief. “Kita ciptakan universitas di dalam suatu korporasi, sehingga semuanya dapat terus belajar karena great leader saja tidak cukup. Kita juga harus melahirkan great people,” demikian Arief.

Challenging Business goal hanya bisa dicapai oleh great leader dan great people hasil dari Center of Excellent yang dibentuk secara sistematis melalui CorpU. Banyak perusahaan kelas dunia telah mengimplementasikan CorpU sebagai wahana untuk “mencerdaskan” karyawannya. Tujuannya jelas, yakni mencapai kinerja bisnis yang gemilang.

“Orang-orang yang menjalankan bisnis Telkom di mancanegara itu sebenarnya para global talent yang kini tersebar di berbagai negara,” terang Arief Yahya. Ia berharap, melalui pengembangan kompetensi dan karakter, sumber daya manusia ini tidak hanya berguna bagi Telkom, tetapi juga bagi bangsa dan negara.

Awal tahun 2013 ini Telkom memang menggalakkan program International Expansion untuk mengerek pendapatan usahanya. Setidaknya Telkom telah menggarap bisnis di empat negara, Hongkong, TimorLeste, Australia dan Singapura.

Sumber : http://www.telkom.co.id/pojok-media/berita-telkom/tujuan-telkom-corporate-university-mencapai-kinerja-bisnis-yang-gemilang.html


telkompdc

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s