1. Kenapa Harus CorpU ?

Kenapa banyak perusahaan sekarang ramai-ramai mendirikan CorpU. Tidak cukupkah pusat-pusat pendidikan dan pelatihan yang ada?. Pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan menjelaskan situasi dan kondisi yang ada saat ini terkait dengan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan pada pegawai dalam perusahaan.

alignment

Sumber gambar : http://boxesandarrows.com/alignment-diagrams/

Persaingan bisnis dan tuntutan layanan yang tinggi saat ini menuntut perusahaan untuk memiliki kapasitas organisasi yang semakin tinggi yang bertumpu pada sumber daya manusia dan sistem yang dimiliki. Hubungan yang bernilai antara pegawai, sistem dan pelanggan menjadi kunci sukses semua perusahaan untuk dapat bertahan, tumbuh dan mampu menjaga kesinambungan bisnisnya. Interkoneksi ketiga unsur tersebut selain meningkatkan kapasitas dalam memberikan layanan yang bernilai bagi pelanggan juga menjadi pengungkit pencapaian kinerja yang menggambarkan keunikan yang membedakan satu perusahaan dengan perusahaan lainnya.

dimensi

Integrasi pembuatan nilai tambah antara pengelolaan sumber daya manusia dan sistem ini ternyata tidak mudah untuk dilakukan. Selain itu sulit melakukan pengukuran dan metrik antara intervensi pengembangan SDM dan kinerja perusahaan, apalagi dampak (outcome) yang ditimbulkan kepada kepuasan pelanggan, pegawai dan stakeholder. Pusat pendidikan dan pelatihan yang dimiliki maupun yang tersedia di luar perusahaan seolah-olah menjadi dunia yang terpisah dengan tembok tebal yang mendindingi visi, misi dan kebijakan strategis, taktis dan operasi dengan eksekusi yang efektif dan tepat guna.

Corporate University hadir untuk mengisi kekosongan kapasitas perusahaan dalam mengintegrasikan proses pembelajaran dan pengembangan SDM nya menjadi mata rantai yang kokoh, kuat, bertalenta dan yang sangat mendasar adalah memiliki behaviour bekerja yang selaras dengan kebijakan perusahaan dalam merespon dinamika yang ada.

Baca : Comparing a Corporate University, Group Learning Centre & Training Department …
Baca PLN Corporate University Berbeda dengan Pusdiklat …
Baca Menopang Laju dengan Kampus Korporat Eva Martha Rahayu majalah SWA …
Baca dan download pdf Starting a Corporate University …

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s