9. Kenapa dalam CorpU dikhususkan adanya Leadership dan Culture Academy?

Akademi-akademi dalam CorpU berelasi dengan proses bisnis inti perusahaan dalam menghasilkan manfaat finansial dan nilai tambah lainnya via penyediaan produk dan layanan bernilai bagi pelanggan. Selain akademi dan Competency Schools terdapat pilar proses pembelajaran dalam CorpU yaitu Leadership Academy dan Culture Academy (Kepemimpinan dan Budaya Perusahaan). Kenapa harus dikhususkan dan mendapat perhatian lebih ?

Dalam perusahaan ada aset yang tampak (tangible asset) dan aset tidak tampak (intangible asset). Untuk bisa bertahan, tumbuh dan memiliki kegiatan bisnis yang berkesinambungan (sustainable) perusahaan di era saat ini harus dapat memperbesar nilai atau kemanfaatan intangible asset dibandingkan tangible asset. Nilai jual sistem, sdm dan loyalitas pelanggan-nya jauh lebih mahal dibandingkan dengan ruangan, peralatan dan perangkat keras lainya. Produk dan layanan berkualitas yang diberikan dihargai pelanggannya jauh lebih besar dari harga pokoknya. Artinya bahwa besar tangible asset itu sangat ditentukan oleh relasi bernilai dari semua komponen intangibel asset-nya

Hubungan yang menghasilkan nilai tambah bagi perusahaan antara SDM (Individual Competence), Sistem (Internal Structure) dan Pelanggan (External Structure) inilah yang akan mengungkit kinerja finansial dan non finansial sebuah perusahaan. Hubungan antara komponen tertentu yang akan menjadi fokus pemimpin perusahaan, akan menggambarkan strategi gaya kepemimpinan dan budaya yang akan diterapkan sesuai dengan kondisi lingkungan yang terbuka dan kebutuhan pelanggan.

process owner

Hubungan tersebut bisa terjadi antar SDM, SDM ke sistem dan ke pelanggan serta relasi lainya yang dapat terbentuk. Apa yang kita pikirkan adalah apa yang akan kita kerjakan. Apa yang akan kita dapatkan adalah apa yang kita kerjakan. Kata kuncinya bermuara pada sesuatu yang kita anggap bernilai yang melandasi apa yang kita lakukan.

Jika nilai ini berhasil diinternalisasikan ke semua SDM dan menjadi cara pandang dan model berfikir yang sama maka akan menjadi dasar orang berprilaku yang jika berjalan konsisten dalam waktu yang cukup akan membentuk budaya (shared values). Jika nilai-nilai ini digunakan oleh setiap orang untuk memposisikan dirinya dalam memperlakukan orang lain maka akan memebentuk gaya kepemimpinan untuk membawa orang lain yang dipimpinnya untuk mencapai tujuan dan target besar perusahaan yang telah direncanakan.

Jadi kepemimpinan dan budaya adalah jiwa dari perusahaan tersebut yang tidak dapat dicopy paste dari perusahaan lain. Nilai nilai perusahaan inilah yang membedakan keunggulan satu perusahaan dengan perusahaan lain (diferensiasi-VRIO) yang harus ditanam sendiri benihnya, ditumbuhkan, dirawat dan dilindungi agar dapat dipanen (knowledge harvesting) secara berkelanjutan dalam kondisi yang dinamis sebagai entitas yang terbuka dengan lingkungannya. Budaya dan gaya kepemimpinan inilah yang mempengarhui efektifitas individu, tim dan organisasi dalam menghasilkan dampak manfaat (outcome) yang diinginkan.

invisible balanced sheet

Leadership Academy dan Culture Academy (disebut juga Culture Transformation Centre) dalam CorpU merupakan integrator terpenting yang menjadi akselerator kemajuan dan keunggulan suatu perusahaan. Hal ini yang menjelaskan kenapa leader dari GE (General Electric) tempat CorpU pertama disemai secara proaktif dan aktif berkeliling tidak henti hentinya untuk menananamkan nilai pijakan perusahaan (GE Ways).

Melalui Leadership Academy dan Culture Transformation Centre, pimpinan perusahaan sebagai pemilik proses kerja dan pembelajaran tertinggi akan dapat berperan secara langsung (domain-context-knowledge and feel) dalam menentukan fokus pembelajaran yang berkaitan dengan tata nilai yang akan bertransformasi menjadi budaya dan kepemimpinan baik dalam proses internalisasi maupun pemanfaatanya dalam semangat eksekusi proses kerja berkinerja tinggi.

Baca Pengaruh kepemimpinan transformasional di Pertamina by Hembang Simanjuntak …
Baca Leadership Training ppt …
Baca fungsi dan peranan kepemimpinan dalam organisasi oleh Teguh Sanotoso …
Baca Lima Peranan Penting Pemimpin …
Baca Leadership and Performance in Organizations by Thomas Packard pdf …
Baca How Leaders Drive Workforce Performance pdf …
Baca Leadership and Organizational Performance …
Baca Reeves’ Leadership Performance Matrix …
Baca Effective Leadership and Performance …
Baca The Role of Leadership in Performance Management ppt by Moynihan …
Baca Invisible Balance Sheet Sveiby …
Baca Pengaruh Kepemimpinan efektif dan budaya perusahaan…
Baca hubungan kepemimpinan, budaya, strategi dan kinerja oleh Armanu …
Baca hubungan kepemimpinan dan budaya perusahaan oleh Danfar …
Baca Hubungan budaya, keefektifan organisasi dan kepemimpinan Heru doc…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s