7. Apakah fungsi Competency Schools dan Assessment Centre dalam CorpU ?

Ada salah satu pilar dalam CorpU yang disebut Competency Schools dan Assessment Centre. Apa yang dimaksud istilah tersebut dan apa fungsinya?. Tujuan CorpU adalah untuk menyiapkan SDM dengan talenta unggul dan berkinerja tinggi yang dibutuhkan dalam mengungkit pencapaian kinerja kegiatas proses bisnis perusahaan. Proses bisnis perusahaan memiliki tingkat yang berhubungan dengan proses dan aktivitas, knowledge dan informasi yang dibutuhkan, SDM pelaksana yang terpenuhi jumlah dan kualitas kompetensinya serta tools (technology) yang digunakan.

Secara umum proses bisnis perusahaan di level tertinggi dapat di bagi menjadi dua area. Area Bisnis Inti dan Area Manajemen Pendukung. Karena Eksekusi bisnis inti terkait stream waktu maka proses bisnis inti terbagi menjadi dua Area Bisnis Inti Jangka Panjang (Strategis) dan Area Proses Bisnis Inti Jangka Pendek (Operasi). Kedua area ini membutuhkan proses manajemen pendukung seperti SDM, Keuangan, Manajemen Risiko, Perencanaan Korporat dll.

probis corpu
Sumber : http://astimen.wordpress.com/etom-learning-center/

Oleh karena semua kompetensi ini harus disiapkan dengan baik maka CorpU tidak hanya mendirikan Akademi Bisnis Utama dan kepemimpinan (leadership). Meskipun pengembangan content dan hasil pembelajaran akan sangat ditekankan pada hubungan yang bernilai antara dinamika lingkungan bisnis perusahaan dengan proses bisnis inti, kompetensi lainya juga tetap mendapat tempat yang tepat guna. Setiap tingkat proses bisnis yang diselaraskan dengan struktur organisasi (tingkat strategis, taktis dan opersional) juga perlu mendapatkan perhatian yang sama. Untuk memmenuhi kebutuhan kompetensi inilah dibentuk Competency Schools dalam CorpU.

pcu
Sumber : Pertamina PCU PDF

Contohnya pada PT Pertamina CorpU (PCU), Akademi bisnis inti pertamina fokus pada Upstream, Gas, Refining dan M&T. Sedangkan kompetensi area proses manajemen pendukung dimasukan dalam Competency Schools, seperti : Manajemen Proyek dan Risiko, Supply Chain Management, Human Resource (SDM-HR), Keuangan dan Teknologi Informasi.

Proses pembelajaran pada pilar Competency Schools biasanya disinergikan dengan unit bisnis dalam perusahaan tersebut. Karena unit bisnis dekat dengan proses dan workflow yang dilakukan oleh para pegawai yang juga mahasiswa CorpU. Dimensi terkait lainya adalah kurikulum, keterampilan dan knowledge yang dibutuhkan, tingkatan yang harus dicapai dalam bentuk indikator kelulusan, dan penilaian secara rutin (Assessment). Oleh karena itu Competency Schools dalam CorpU juga harus didukung dengan Pusat Penilaian yang tepat guna (Assessment Centre). Sehingga dapat dipastikan semua kebutuhan keterampilan dan knowledge kritis yang memberikan nilai tambah terinjeksi dan terinternalisasi pada SDM perusahaan. Terlebih lagi CorpU menyelaraskan pencapaian hasil pembelajaran dengan strategi perusahaan, visi dan misi serta perbaikan kinerja secara berkelanjutan dalam lingkungan bisnis yang dinamis dan kompetitif.

Baca CorpU Handbook Designing Successful Program oleh Mark Allen Google Book …
Baca Pertamina Corporate University as HR Initiatives pdf …
Baca Measuring and Assessing Internationalization NAFSA pdf …

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s