3. Apa fungsi dari CorpU Blueprint?

Elemen pertama yang akan kita bahas adalah CorpU Blueprint. Pada CorpU model Blueprint berada pada dasar dari bangunan. Fondasi yang menentukan seberapa tinggi gedung yang akan dibangun. Sedalam dan sekuat itu juga fondasinya. CorpU Blue print adalah peta yang menggambarkan anatomi area yang dikelola dalam CorpU yang membutuhkan keputusan yang tepat guna agar dihasilkan nilai tambah yang optimal dari investasi yang telah dikeluarkan. Karena menyangkut semua aspek penting, CorpU Blueprint biasanya digambarkan dalam bentuk peta objek bercabang (tree view).

cbp


Model pengelolaan ini menghubungkan semua variable CorpU secara dinamis yang mempengaruhi kualitas dan kinerja dari sebuah CorpU. Seperti sebuah komputer maka CorpU Blueprint setara dengan sebuah CPU (Central Porcessing Unit) dari CorpU yang berhubungan dengan strategi SDM korporat dan investasi sistem pembelajaran, formulasi dari srategi dan eksekusi. Peta pikiran dalam bentuk tampilan bercabang menunjukan semua titik penting yang harus diputuskan yang berhubungan dengan fungsi-fungsi inti dari CorpU dan kapasitasnya dalam menyelenggarakan aktifitas pembelajaran.

Beberapa dimensi penting CorpU Blueprint adalah : Perancangan strategi, Fungsi Marketing internal dan eksternal, Manajemen dan Administrasi, Pengelolaan dan pendayagunaan Pengetahuan (knowledge harvesting), Pengelolaan Kecerdasan, Infrastruktur penunjang pembelajaran, Standar Regulasi, Pengelolaan program pengembangan, Pengeloaan sistem mutu dan prosedur, Proteksi data.

Diatas CorpU Blueprint inilah dapat didirikan pusat-pusat pembelajaran dan akademi yang merupakan dimensi kebutuhan mendasar perusahaan untuk meningkatkan kemampuan SDM untuk mengikuti perubahan yang terjadi di perusahaan. Perubahan tersebut akan selalu terjadi dalam meningkatkan kapasitas organisasi untuk memberikan layanan berkualitas dan bernilai bagi pelanggan dan nilai tambah bagi stakeholdernya.

Pusat pendidikan dan pembelajaran tersebut akan dikelola dalam sebuah arsitektur pembelajaran untuk memberikan solusi gap kompetensi dan keahlian yang dibutuhkan untuk mencapai kinerja perusahaan yang telah ditentukan secara proaktif. Dari deviasi menuju solusi dan dari solusi menjadi performa terbaik yang mampu dicapai. Efektifitas proses tersebut membutuhkan dua penyangga utama Sistem Pengelolaan Pembelajaran (Learning Management System) dan pengelolaan pengetahuan yang tepat guna (knowledge Management).

Baca Baca Corporate University Blueprint by Richard Dealtry google book …
Baca Corporate University Blueprint …
Baca The Corporate University Blueprint IPCO …
Baca The Corporate University Blueprint ACUA …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s