Kenapa dibutuhkan portofolio dan spesifikasi layanan pembelajaran dalam CorpU?

Standard

Salah satu kunci sukses CorpU adalah mampu menyediakan produk dan layanan pembelajaran yang mendukung suksesnya peserta pembelajaran dalam meningkatkan KSA (Knowledge Skill and Attitude) yang dibutuhkan perusahaan untuk mencapai target kinerja. Namun penyediaan layanan tersebut melibatkan banyak fungsi dan berjalan diatas stream waktu yang bersifat jangka panjang dan jangka pendek seperti operasional harian.

Dibutuhkan shared context dan pemahaman yang sama oleh semua domain fungsi yang terlibat dalam proses hulu ke hilir (end to end) mulai dari siklus penyediaan infrastruktur, pengembangan produk dan layanan, dukungan ketersediaan pendukung pembelajaran, pemenuhan layanan pembelajaran bagi peserta, pemenuhan kualitas pelaksanaan pembelajaran hingga pengelolaan pendapatan hasil layanan pembelajaran. Domain fungsi tersebut secara umum dapat dibagi menjadi empat bagian yaitu: pengelolaan hubungan dengan peserta pembelajaran/pelanggan, pengelolaan layanan, pengelolaan sumber daya pembelajaran dan pengelolaan kemitraan pembelajaran.

domain

Shared context tersebut dibutuhkan agar semua tim dapat bekerja sama tanpa banyak hambatan (white space) untuk menyediakan layanan pembelajaran yang bernilai seperti beban kerja yang tidak seimbang, informasi dan komunikasi yang tidak lancar, penundaan proses serta semangat tim untuk berpresatasi menurun. Pengukuran, monitor dan antisipasi sejak dini bagi penyimpangan kinerja proses utama tersebut menjadi kunci sukses dalam siklus hidup penyediaan layanan CorpU.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut dibutuhkan sebuah portofolio dan spesifikasi layanan pembelajaran yang jelas dan terukur. Tidak menimbulkan multi penafsiran. Portofolio produk dan layanan pembelajaran berbicara tentang positioning setiap produk dan layanan tersebut dalam memberikan nilai tambah. Misalnya menggunakan kerangka BCG Matrix, untuk menempatkan produk dan layanan tersebut terhadap dimensi market share (cash generation) dan market growth (cash usage). Posisi tersebut menghasilkan status produk dan layanan pembelajaran apakah masih dapat dipertahankan, perlu disempurnakan atau dihentikan karena tidak maksimal dalam menghasilkan dampak (outcome) positif bagi perusahaan melalui kegiatan pembelajaran. Metode lain seperti QFD (Quality Function Develoyment) dapat digunakan agar produk dan layanan pembelajaran memiliki diferensiasi dan nilai kesesuaian yang optimal dan risiko deviasi yang minimal.

SIPILMPLM
Klik untuk menampilkan detail proses strategy-infrastructure-product lifecycle …

Dengan portofolio yang baik maka target pembelajaran semakin mudah diukur dan dikelola karena menjembatani kebutuhan layanan dan produk pembelajaran untuk mensukseskan target perubahan pada peserta pembelajaran dalam hal ini adalah pegawai yang menjadi aset strategis perusahaan untuk bertahan, tumbuh dan berkesinambungan. Kegiatan penyediaan infrastruktur dan suklus pengembangan produk yang mengintegrasikan marketing, sales, operasional, kemitraan serta penyediaan kapasitas melalui infrastruktur dan sumber daya pembelajaran terhadap kebijakan strategis dan taktis akan semakin tepat guna.

Selanjutnya dibutuhkan spesifikasi produk dan layanan pembelajaran yang menginformasikan metrik dan batas nilai dari setiap dimensi pembelajaran yang dibutuhkan peserta pembelajaran. Spesifikasi ini tidak menggambarkan bagaimana membangun dan mengembangkan produk dan layanan pembelajaran, namun spesifikasi menyediakan informasi yang jelas, tidak mendua terhadap apa yang menjadi tujuan tim lintas fungsi diatas untuk bersinergi seefektif mungkin bagi untuk menyediakan layanan dan apa yang dapat dilakukan layanan tersebut untuk membantu suksesnya target dan tujuan pembelajaran.

itil
Klik untuk menampikan detail IT-Ifrastructure Library …

Untuk sumber daya pembelajaran digital yang menjadi enabler efektifitas layanan pembelajaran CorpU, dibutuhkan kerangka kerja yang menjamin terkirimnya kualitas layanan pembelajaran yang ditingkatkan secara berkelanjutan berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Salah satunya adalah Information Technology Infrastructure Library yang secara lengkap memberikan referensi tentang apa yang harus diperhatikan dalam menyediakan layanan bagi pelanggan yang terukur, terstruktur dan terkelola.


Baca Definisi portofolio wikipedia …
Baca Manajemen Produk oleh Antonius Frans Setiawan …
Baca Pengembangan Asesmen Kinerja & Portofolio Pembelajaran oleh Kusmarni …
Baca Analisa portfolio dengan Matriks GE McKinsey oleh Iksan pdf …
Baca Teknologi dan media memudahkan pembelajaran oleh Vianney blog …
Lihat Corporate Learning Model by Yansuo Blog …
Baca Spesifikasi Produk oleh Hidayat ppt …
Baca Menentukan spesifikasi produk msdoc …
Baca Pengembangan e-learning pada mata kuliah elektronika digital oleh Bhayu dan Meini ...


Baca Making Sense of Learning Specifications and Standards pdf …
Baca eTOM Process in House Of Quality of OKC astimen blog …
Baca Accessibility Guidelines for Digital Learning Products …
Baca Handbook on IT for Education and Training by Adelsberger Google Book …
Baca A Handbook on Modelling and Delivering Networked Education Koper Google Book…
Baca Learning Objects: Standards, Metadata, Repositories, and LCMS by Harman …
Baca Hybrid-context Instructional Model: The Internet by Ndon Google Book …
Baca Digital Game Based Learning by Daniela Google Book …


Baca 10 Distance Learning Opportunities Through Webinars by sherman …
Baca E-Learning dan Mobile-Learning Wikipedia
Baca Digital Learning Environments: New possibilities and opportunities by Peters …
Baca Living and Learning with New Media Summary Digital Youth Project by Mizuko pdf …
Baca Artikel Digital Media di http://learningthroughdigitalmedia.net/ …
Baca E-Learning: “How do I start?” by Bickford …
Baca Top Ten Webinar Tips by Kineo …
Baca Webinar – Creating Engaging eLearning for Complex slide share …
Baca How to measure Social Media Google Books by Kelly …
Baca The Learning Advantage: Blending Technology and Strategy by Mantyla Google Books …
Baca Dimensions and parameters for the evaluation of e-learning by erti ppt …
Baca Traditional Learning vs. eLearning pdf …


Baca Criteria for successful Blended Learning Ashridge pdf …
Baca What makes a good Learning Intention doc …
Baca Learning Goals and Success Criteria pdf …
Baca Measuring e-Learning Success can Be Successful …
Baca Evaluating e-learning by integrating critical success factor by Mahregan pdf …
Baca E-Learning Awards Categories and Criteria …
Baca Criteria for Evaluating the Quality of Online Courses by Wright pdf …
Baca E-learning quality Aspects and criteria for evaluation pdf …
Baca The Secret of ”Success Criteria” doc by Greenan …
Baca Criteria for Successful Assessment Programs for Distance Learning pdf …
Baca Defining Success of discatnce learning …
Baca Evaluating Online Learning Challenges and Strategies pdf …
Baca Measuring Success evaluation and strategy Distance Education pdf …
Baca 10 Steps for Planning a Successful Webinar …

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s