Apakah peran pembelajaran digital dan bagaimana menerapkannya dalam CorpU ?

Standard

Ada tiga komponen utama dalam sistem pada model paling sederhana : sumber daya manusia, proses dan teknologi. Adalah sebuah mitos teknologi terbaru selalu menyelesaikan semua masalah dan suatu hal yang mustahil jika mengharapkan hasil yang berbeda dengan melakukan cara yang sama dengan sebelumnya. Kata kuncinya tepat guna. Namun itu tidak mudah karena harus sesuai dengan domain proses, tujuan, relasi bernilai dengan infratruktur yang kita miliki jika ingin penerapan teknologi itu bisa berhasil guna sekaligus tepat guna. Teknologi tidak menggantikan manusia seratus persen namun teknlogi dapat membantu manusia untuk mengungkit peningkatan kinerja dari sebuah proses pembelajaran yang efektif.

digital
Sumber : Educational Origami

Penerapan teknologi digital tidak bisa dilepaskan dengan prilaku dan budaya yang dimiliki actor dan peserta pembelajaran. Ada area pembelajaran yang dapat digantikan secara elektronik dan ada knowledge transfer yang hanya efektif dilakukan dengan face to face karena harus melakukan observasi dan action learning bagi pemanfaatan peran emosi manusia untuk memindahkan informasi dari memori jangka pendek (STM) ke memory jangka panjang (LTM) yang merubah cara pandang (paradigm shift). Hal ini berdampak pada perubahan prilaku dalam proses bekerja tertentu melalui proses simulasi dan pengalaman. Proses belajar dan mengajar berhubungan dengan banyak dimensi pedagogy (art or science of teaching) dan interaksi kemanusiaan. Hubungan bernilai antara SDM (pedagogy), Proses (konwledge content) dan Teknologi (e-learning space) akan membentuk strategi pembelajaran digital yang bernilai, terkait dengan diferensiasi setiap proses pembelajaran pada proses bisnis inti dan proses pendukung perusahaan.

smart
Sumber : Queensland Goverment Smart Learning

Ada dimensi penting yang tetap harus diperhatikan dalam pembelajaran digital seperti kurikulum yang sesuai dengan context proses peningkatan kompetensi dan kinerja, penerapan pedagogik yang sesuai dengan peserta pembelajaran, belajar melalui proses pengalaman via simulasi dan implementasi, interaksi dan keterlibatan emosi pikiran dengan sesama peserta dan Subject Matter Expert (SME), membangun kreativitas melalui objek pembelajaran dan knowledge yang memotivasi dan bervariasi, memanfaatkan teknlologi informasi dan komunikasi yang paling memungkinkan berjalannya dimensi pembelajaran (kemampuan akses, waktu dan tempat).

Learning Knoweldge Object berbasis digital memiliki dimensi fleksibilitas seperti mudah untuk digunakan kembali (reusable), kustomisasi object dan relasinya, kuantitas akses terkait waktu dan tempat, variasi modul berbasis multimedia (modalitas visual, auditory, kinesthetic) yang dapat dioptimalkan pada pedagogic dan taxonomi (Bloom dan Gagne) pembelajaran yang sesuai proses bisnisnya. Simulasi objek pembelajaran digital memberikan pemahaman dan keterlibatan (engagement) yang lebih mendalam tentang konsep dan penerapan materi pembelajaran karena content knowledge nya merupakan hasil strukturalisasi objek (instructional design) yang telah dilakukan eksternalisasi (asking & observation) dari para pakar yang berpengalaman di bidangnya (SMEs).

pedagogic
Sumber : TPCK Mishra and Koehler (2006) Education Counts

CorpU memiliki peran strategis untuk membangun pembelajaran yang semakin dekat dengan proses inti dan pendukung perusahaan. Tujuannya jelas memberikan pengaruh seefektif mungkin dengan perbaikan kinerja. Hal ini berdampak langsung dengan objek pembelajaran (learning-object) yang semakin dekat dengan knowledge object content untuk dapat menjadi driver organisasi pembelajar (learning organization). Learning knowledge object ini memiliki empat karakteristik menurut Nonaka. Pertama aesthetic, memiliki value dan manfaat yang tinggi yang mempengaruhi layanan kepada pelanggan baik ditingkat individu, team/group dan organisasi serta relasi bernilai dengan entitas eksternal. Kedua process relational, memiliki keterkaitan yang tinggi dengan proses dan knowledge object yang lain untuk menghasilkan manfaat (outcomes). Ketiga practical, dapat diimplementasikan untuk mengatasi problem yang terjadi dalam aktivitas nyata. Keempat adalah Subjectif, memiliki value judgement (pronesis) bahwa inisiatif dan kombinasi pendekatan yang dipilih adalah yang terbaik untuk dapat dieksekusi (deduktif-induktif).

coe
Sumber : College of Education, San Diego State University

Hal yang belum mungkin dilakukan dengan basis digital untuk mencapai tujuan kurikulum, proses pembelajarannya tetap dilakukan secara non digital dengan inovasi sumber daya pembelajaran dan proses pengajaran yang dapat di evaluasi via assessment yang objective bagi efektivitas peningkatan kompetensi dan kinerja proses perusahaan melalui layanan CorpU. Teknologi pembelajaran digital harus dihindari pada posisinya yang justru menghambat kinerja pembelajaran CorpU. Teknologi digital harus tetap memenuhi proses kamatangan dalam dimensi ketersediaan (readiness), keselarasan (alignment) dan integrasi dengan semua tujuan strategis dan operatif keberadaan CorpU dalam menyediakan SDM dengan kompetensi dan talenta yang dibutuhkan. CorpU dan Knowledge Management tidak identik dengan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Tapi TIK dapat membantu efektifitas sebagian proses pembelajaran yang dapat dibuktikan di lapangan.

epm

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal pada penerapan pembelajaran digital maka proses pembuatan objek pembelajaran (Learning Knowledge Content) membutuhkan pengelolaan projek yang efektif. e-Learning Project Management memiliki beberapa sub proses utama seperti : perencanaan, pengumpulan konten pembelajaran, perancangan instruksi pembelajaran, pembuatan alur cerita, pengembangan dan produksi, pengendalian kualitas, integrasi dan pengiriman produk.

Baca E-learning : Konsep, dan Strategi Pembelajaran di Era Digital oleh Indrayani …
Baca SSC luncurkan software pembelajaran digital S2DLS 5.0 …
Baca Strategi Pembelajaran Digital oleh Wiryanto Dewobroto …
Baca Mudahnya Mengatur Konten Pembelajaran Digital kesekolah.com …
Baca Telkomsel Mengajar, Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital …
Baca e-Learning Content Development blog …
Baca Pembelajaran Berbasis Web Tirman blog …
Baca Strategi pembelajaran di era digital dengan penerapan “SCALSA” …


Baca Digital Learning from Educational Origami …
Baca Digital Learning Management Systems in Africa pdf …
Baca Decoding Digital Pedagogy, pt. 1: Beyond the LMS …
Kunjungi demo http://www.fedena.com/ Award winning school management software …
Baca Baca Expanding Evidence Approaches for Learning in a Digital World pdf …
Baca Top 50 Blogs for e-Learning Tools and Tips …
Baca Is Digital Learning Effective in the Workplace? by Moyer …


Baca Overcoming the obstacles to digital learning by Finn and Fairchild …
Baca Factors in Encouraging the Use of Digital Learning Materials by McMartin ppt …
Baca Rethinking Pedagogy in Digital Edge Beetham-Sharpe pdf …
Baca e-Learning and implications for New Zealand schools Education Counts …
Baca e-Learning Pedagogy programme JISC …


Baca Questioning Gagné and Bloom’s Relevance christytucker …
Baca Robert Gagne’s Five Categories of Learning Outcomes ICELS …
Baca Bloom’s Taxonomy The Learning Framework …
Baca Gagne’s Theory of Instruction …
Baca Learning level EduTechWiki …
Baca Learning Objectives (Taxonomy) Slideshare by shoffma5 …
Baca Quick Tour of Instructional Design Models and Learning Theories ppt …
Baca Effective Learning System pdf …


Lihat Distance Learning Online: A New Media Presentation Youtube …
Lihat Learning Technologies : Knowledge seeking tools Youtube …
Lihat e-Learning Pedagogy Power Of Texas Youtube …
Lihat What does an Instructional Designer do? Gardner Youtube …
Lihat Kaplan Inspired Online Learning KaplanChannelUK Youtube …
Lihat Kevin eLearning Curriculum Development Process Part-1 and Part-2 …
Lihat The e-Learning Advantage globalfinanceschool Youtube …
Lihat E-learning: How to deliver an engaging Virtual Classroom presentation …
Lihat The Big Mistake in Elearning CathyMooreElearning· Youtube …
Lihat e-Learning Project Management videotraffica Youtube …


Lihat Writing Learning Objectives Greg Williams Youtube …
Lihat Bloom’s Taxonomy Youtube and using Overview …
Lihat Gagne’s Theory Youtube with animation …

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s