2. CorpU itu terdiri dari apa saja?

Apa saja sih bagian bagian CorpU ini? Dan harus disediakan dan terintegrasi satu sama lain membentuk proses pembelajaran yang berkelanjutan, selaras dengan strategi dan eksekusi pencapaian kinerja perusahaan ? Salah satu modelnya mensyaratkan ada delapan elemen seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini:

corpu elements

Sebuah CorpU harus mendapat dukungan yang penuh dan kepemimpinan proaktif dari manajemen sebagai leader perusahaan agar semua kegiatan pembelajaran berhasil dan berjalan secara tepat guna selaras dengan kebijakan perusahaan dan menunjang kinerja. Kurikulum pendididikan dirancang dan terintegrasi dengan pekerjaan yang memiliki kejelasan arah , tujuan dan tahapan yang harus dilakukan. Dukungan yang effektif dari dimensi fasilitas pembelajaran, teknologi yang digunakan menjadi faktor kunci yang terintegrasi dengan mentor, pengajar baik dari internal dan sumber pengetahuan dan keterampilan dari pihak luar yang terikat dalam bentuk kerjasama dan hubungan yang saling memberikan nilai tambah bagi semua kontributor dan stakeholder CorpU.

corprutrend
Sumber : http://www.KnowledgePlatform.com


Sebagai enabler proses pembelajaran yang masif di perusahaan CorpU sendiri juga harus selalu melakukan peningkatan secara berkelanjutan. Ini adalah dampak dari perubahan lingkungan perusahaan yang mempengaruhi kebijakan strategis, taktis dan operatif perusahaan. Keberadaan CorpU yang tidak dapat dipisahkan lagi dengan proses bisnis internal, menjadikannya selalu berkembang melalui peningkatan di berbagai dimensi. Ada empat dimensi yang paling merasakan dampak perubahan tersebut.

Pertama adalah kegiatan memperdalam keahlian di semua kompetensi lini elemen CorpU seperti Subject Matter Expert (SME), trainer, PIC pembelajaran yang dimiliki, pengembangan dan perluasan kurikulum pembelajaran, trainer, penyebaran e-learning serta variasi metrik pengukuran keberhasilan implementasi CorpU. Dimensi kedua adalah peningkatan teknologi informasi yang digunakan, seperti efektifitas Learning Management System (LMS), online Communities of Practice (COP), pembelajaran berbasis video dan mobile.

Dimensi ketiga adalah memperkuat kerjasama dan kemitraan dengan sumber pelatihan diluar perusahaan yang memiliki keselarasan strategi, implementasi dan operasi untuk meningkatkan nilai tambah kegiatan pembelajaran yang tidak efektif dilakukan sendiri saat ini. Kolaborasi ini dapat dilakukan baik para pakar sevara pribadi dan institusi serta insitusi pendidikan yang ada.

Dimensi lainnya adalah pengembangan dan perluasan metode pembelajaran yang tepat guna dan paling mungkin untuk diselaraskan dengan konteks area perusahaan yang ada untuk melakuka utilisasi sumber daya yang ada di dalam maupun diluar perusahaan.


corpumodeldibtagrup
Sumber : http://www.dibtagroup.com/

Semua fungsi dan elemen CorpU diatas dapat dimodelkan dalam tahapan penyediaan, penyelarasan dan integrasi komponen CorpU secara bertahap. Salah satunya adalah model CorpU dari DibtaGroup yang menggunakan metafora dan analogi bangunan rumah. Ada Fondasi, Tiang dan Atap. Dua pilar utama yang berdiri di atas fondasi Blue Print Pembelajaran adalah Knowledge Management dan Learning Infrastructure. Menjadi penting bagi kita untuk mendalami tiga bagian tersebut secara umum sebelum memasuki rumah dengan semua ruang yang sangat menarik di dalamnya.


Baca The Rise and Rise of the Corporate University pdf …
Baca Corporate Universities and Learning Centers …
Baca Dibta Corporate University Phase Model …
Baca Corporate University Blueprint by Richard Dealtry google book …
Baca dan Download PPT Next Corporate University by Mark Allen …

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s