14. Kenapa Action Learning dan Budaya Kerja Berbasis Kinerja dibutuhkan dalam CorpU ?

Kehadiran CorpU dalam setiap perusahaan memiliki tujuan yang strategis untuk mengintegrasikan pengembangan sumber daya manusia untuk meningkatkan kinerja individu, kinerja grup atau team hingga kinerja organisasi secara keseluruhan. Tetapi tidak mudah mengintegrasikan pembelajaran dengan perubahan prilaku yang sesuai untuk menghasilkan perbaikan kinerja secara berkesinambungan. Disetiap tingkatan organisasi mulai dari individu, Grup dan Organisasi memiliki dimensi prilaku bekerja yang unik yang dipengaruhi tata nilai yang jika difahami dan dilaksanakan bersama membentuk budaya kerja. Budaya kerja ini bisa mendukung kinerja atau sebaliknya.

Oleh karena itu CorpU memiliki peran strategis juga untuk melakukan inovasi proses pembelajaran yang mendorong tumbuhnya budaya kerja berbasis kinerja dalam proses bekerja yang dinamis, membutuhkan solusi pemecahan masalah yang tepat guna dan selaras berjalan dengan tujuan perusahaan. Salah satu metode pembelajaran yang mengintegrasikan situasi kerja yang nyata dan peningkatan pengetahuan yang relevan, prilaku dan budaya bekerja inovatif adalah Action Learning.

Action Learning (AL) dan Critical Action Learning (CAL) sejak permata kali dikonsepkan oleh Professor Revans di Inggris Raya langsung mendapat perhatian khusus dari perusahaan perusahaan terkemuka dunia seperti GE (ayng mulai menerapkan AL/CAL secara besar besaran sejak tahun 1975), British Airways, Samsung dan Singapore Airlines. Dalam rumusannya Prof. Revans secara gambling menyatakan bahwa “tidak ada pembelajaran tanpa tindakan dan tidak ada tindakan tanpa pembelajaran”. Dalam konsteks ini action learning dinyatakan sangat sukses dalam mengembangkan kemampuan pemikiran kritis para praktisi manajemen dengan menyediakan tools dan forum untuk critical reflection dan critical discourses. AL mendapat banyak perhatian dari perusahaan kelas dunia karena mampu memberikan kemampuan untuk perusahaan dalam mengembangkan kemampuan para profesionalnya dengan tanpa harus mengeluarkan sumber daya yang besar. (Sumber http://rudolftjandra.org/)

actionlearning
Sumber : WIAL (World Institute for Action Learning) Australia

Untuk mendukung Action Learning dalam salah satu pendekatan metode pembelajaran dalam CorpU, yang tidak kalah pentingnya adalah penanaman nilai dan prilaku fokus pada pencapaian kinerja yang menjamin kebijakan strategis perusahaan berhasil dieksekusi dengan efekfitf. Karena problem kebanyakan perusahaan dalam meningkatkan kinerja bukan pada pembuatan strateginya tapi pada kemampuan eksekusinya. Sehingga kemampuan kita membuat indikator dan target kinerja selalu lebih besar dari kemampuan kita mengeksekusinya. Dibutuhkan kedisiplinan yang membentuk prilaku agar budaya kinerja menjadi bagian dari mental berfikir individu, tim dan organisasi, salah satunya adalah yang saat ini tengah banyak diimplementasikan yaitu Empat Disiplin Eksekusi atau dikenal dengan 4DX (Four Disciplines Of Execution).

4dx

4DX bukanlah sebuah framework atau kerangka berkerja yang rumit dan canggih tapi sederhana yang sering kita lakukan hanya lebih fokus pada perubahan prilaku dalam mencapai kinerja unggul melalui empat langkah sederhana yang memerlukan disiplin dalam menerapkannya sehingga menjadi budaya bekerja. Tantangan tersulitnya justru menjadikan yang sederhana itu menjadi kebiasaan dan budaya bekerja.

Langkah pertama adalah menentukan Tujauan atau kinerja yang sangat penting dari banyak sasaran yang akan dicapai. Secara natural orang akan memperbanyak sasaran yang ingin dicapai yang tidak sebanding dengan kamampuan mencapainya, sehingga akhirnya ia akan berada dalam putaran waktu dan kesibukan yang tinggi dan menghilangkan fokus. Langkah kedua adalah melakukan aktifitas yang menjadi pengungkit (laveraging) untuk mencapi kinerja tersebut dibandingkan menunggu hasil akhir yang semakin tidak mampu dikendalikan. Ketiga adalah menggunakan scoring board pencapaian kinerja yang mudah jelas sehingga semua orang akan senang dan memiliki semangat untuk melibatkan diri dalam suasana berkontribusi. Terakhir aktifitas keempat adalah melakukan pertemuan rutin dalam sesi pencapaian tujuan untuk mengevaluasi pekerjaan rumah sebelumnya, kondisi pencapaian saat ini dan rencana terbaik kedepan yang mampu dieksekusi secara tepa guna.

Menerapkan 4DX akan membentuk shared context dan shared vision yang menjadi fondasi utama pembelajaran dalam organisasi pembelajar dan integrasi kebijakan strategis melalui pendekatan pada dimensi soft dan hard organisasi serta budaya berbagi pengetahuan dan inovasi. Action Learning dan 4DX dapat menjadi enabler pembelajaran yang efektif mengintergrasikan penyediaan sumber daya yang berpengetahuan, talenta dan kinerja tinggi yang dibutuhkan perushaan untuk mampu bertahan, tumbuh dan berkesinambungan.

Diantara kunci sukses impelementasi CorpU adalah menyertakan pegawai dan permasalahan terkait pekerjaannya dalam layanan pembelajaran CorpU sesering mungkin untuk mendiskusikan kelebihan dan kekurangan layanan yang ada, termasuk menangkap pesan-pesan yang penting dan mendasar dari masukan peserta dan pembicara sebelumnya, seminar dan grup diskusi bersama pemimpin senior. Meskipun tidak semua proses dan situasi dapat diterapkan Action Learning, namun dibutuhkan terobosan baru untuk menerapkan action learning dan disiplin eksekusi pada proses kerja di setiap tingkat organisasi melalui layanan pembelajaran CorpU, untuk medorong pencapaian kinerja perusahaan yang unggul.

Baca Action Learning Sumber Terbaru Keunggulan Kompetitif Korporasi Indonesia …
Tampilkan Action Learning Process by Authenticity Consult Youtube …
Baca Action Learning Learning Guide Ashridge pdf …
Baca Design Learning, Performance and Effective Organization Blog …
Baca Exploring the Corporate University Phenomenon pdf …
Baca Action learning in curriculum design slide share …
Baca Turn Your Corporate University Into an Efficient Learning …
Baca Action Learning: A powerful tool for the future …
Baca eTOM as Lead Measures Four Disciplines Of Execution (4DX) …
Baca Job Characteristics Model and eTOM value creation …
Baca An Introduction to Action Learning IMCA pps …
Baca 60+ years of Corporate University evolution ppt ACUA …
Baca CorpU New Thinking About the Design of Adaptive Processes ppt …
Baca Measurement and Evaluation in Corporate Universities Allen doc …
Baca Powerful, Practical and Customized Action Learning and Coaching Groups …
Baca Corporate Universities as Strategic Learning Initiatives …
Baca 9 Steps To A Corporate University by Roach slide share …
Baca Dimensi baru SDM Leading Gen iY Acelearning …
Baca CorpU historical development, conceptual analysis by Paton pdf …
Baca The CorpU Training and Learning Solution …
Baca Cisco Systems Awarded for Excellence and Innovation in Corporate Learning …
Baca Connecting Learning Investments to Financial Performance pdf …
Baca Transforming 21st Century Corporate-University Engagement Journals pdf …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s