13. Apa saja yang harus diperhatikan dalam Impelementasi CorpU ?

Setelah membahas berbagai fondasi dan pilar model CorpU dari Dibta Group sebagai salah satu referensi dari banyak model yang lain, akan dibahas selanjutnya beberapa link dan referensi terkait dengan implementasi dan pengembangan CorpU. Adalah tidak mudah mengimplementasikan Model CorpU dalam sebuah perusahaan terlebih lagi melakukan transformasi dari bisnis yang mendrive pembelajaran menuju pembelajaran yang mendrive bisnis. Ada Beberapa aspek penting yang perlu mendapat perhatian dalam implementasi CorpU.

corpuimp
Sumber : Corporate University by Dufour Cross Knowledge

Pertama, program pembelajaran dalam CorpU mampu memfasilitasi peserta dengan melihat aspek penting mereka seperti kebutuhan untuk mempraktekan hasil pembelajaran, waktu pelaksanaan yang efisien, meminimalkan kerumitan, nilai pembelajaran yang tinggi.

Kedua, program pembelajaran dalam CorpU mampu menjadi pengungkit nilai tambah pemanfaatan sumber daya pembelajaran yang telah dimiliki (komputer, ruang konferensi, reputasi, dll) dengan semua keberagamannya (lokasi, metode pedagogik, peserta, dll)

Ketiga, memperluas peran instruktur pembelajaran sekaligus praktisi dibidangnya untuk mengembangkan materi program dan kesinambungan interaksi dengan peserta setelah program selesai.

Keempat, mengkombinasikan pembicara tamu dan instruktur tetap secara flexible yang diselaraskan dengan isu-isu bisnis dan industri yang terdepan di bidangnya.

Kelima, menyertakan pegawai dan permasalahan terkait pekerjaannya dalam layanan pembelajaran CorpU sesering mungkin untuk mendiskusikan kelebihan dan kekurangan layanan yang ada, termasuk menangkap pesan-pesan yang penting dan mendasar dari masukan peserta dan pembicara sebelumnya, seminar dan grup diskusi bersama pemimpin senior.

Keenam, Peran penting dari fitur pembelajaran pada CorpU secara periodik dikuatkan kembali pada peserta pembelajaran hingga menghasilkan perubahan signifikan pada KSA (Knowledge, Skill dan Attitude) secara efisien dan efektif. Tujuan dari CorpU harus selalu diselaraskan dengan hasil yang terukur sesuai visi, misi dan tata nilai perusahaan.

Ketujuh, menetapkan kurikulum yang relevan dengan mayoritas perspektif para peserta dan menjaga kurikulum ini tetap terbarukan dan dapat diimplementasikan dalam praktek proses bekerja. Hal ini dapat dilakukan oleh grup kecil yang berisi orang orang yang memiliki spesialisasi di bidangnya dengan penghargaan yang sesuai.

Kedelapan, Jika Instruktur yang ada belum mampu untuk menangani semua layanan pembelajaran, dapat memanfaatkan layanan outsource atau spesialis paruh waktu untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengembangan keahlian yang selaras dengan fokus bisnis perusahaan yang terus berkembang secara dinamis.

Kesembilan, melakukan pembahasan bersama dengan pimpinan senior perusahaan untuk mendapatkan cara pandang dan posisi CorpU terkait strategi unit bisnis terhadap kompetitor, pelanggan dalam sebuah siklus yang bersifat natural untuk mengukur perananannya pada pengeluaran dan pendapatan perusahaan di masa yang akan datang. Hasilnya adalah pengembangan tujuan yang jelas yang mendorong upaya untuk melakukan edukasi yang tepat guna pada pegawai.

Kesepuluh, mengidentifikasi peluang CorpU sebagai pengungkit kekuatan organisasi untuk meningkatkan kemampuan penyelesaian masalah terutama yang terkait dengan pendapatan yang diperkirakan akan terjadi pada di dua tahun mendatang.

Kesebelas, mengembangkan perencanaan terhadap peluang untuk melindungi visi dan misi CorpU secara keseluruhan dari ancaman dua sampai dengan lima tahun yang akan datang dengan melibatkan dukungan dan partisipasi banyak peserta yang telah mengikuti program pembelajaran sebelumnya.

Keduabelas, terus menerus menggali informasi untuk memahami apa yang diinginkan stakholder CorpU, mengikuti perkembangan lingkungan dan kecendrungan (trend) yang dapat mempengaruhi kesinambungan CorpU dan melakukan aktifitas pencegahan terhadap aspek yang menghambat jalanya CorpU.

Implementasi dimensi kunci diatas sangat bergantung kepada apa yang mendasari sebuah perusahaan memutuskan untuk mendirikan CorpU. Beberapa alasan yang paling umum digunakan adalah : impelementasi dan penyelarasan strategi, leadership dan pengelolaan talent, meningkatkan kinerja unit bisnis, meningkatakan kapasitas dan efektifitas organisasi dan SDM, meningkatkan image perusahaan. Semua alasan tersebut diatas memerlukan relasi bernilai unsur penting dalam rencana pendirian CorpU, yaitu : visi bersama (shared vision), perencanaan strategis, komunikasi dan pemasaran, organisasi, sumber daya dan tata kelola (governance).

Baca Development and Implementation CorpU of a Comprehensive Survey …
Baca Corporate University and e-learing project Implementation doc …
Baca Implementing corporate universities in the public Sector by Stevens …
Baca Developing and Implementing Corporate University Google book …
Baca Twelve Success Factors for Corporate Universities by Jack Phillips …
Baca Corporate University of The Future with 13 Success Factors…
Baca Business Driven Action Learning: Global Best Practices by Boshyk …
Baca CorpU from Business driven learning to learning driven business by dufour pdf …
Baca How Corporate Learning Drives Competitive Advantage …
Baca Developing and Delivering a Learning Strategy CRF pdf …
Baca Business Process-driven Learning by Wolpers Academia Edu …
Baca Top 10 Tools to Measure Corporate Universities slide share …
Baca Business, Corporate University and e-learning pdf …
Baca The Changing Shape of Corporate Universities by Baucus …
Baca Teaching in Corporate University Assessment as a Labor Issue by Champagne …
Baca The New CorpU Global Impact on Learning and Development by Maize …
Baca Hambatan-mengintegrasikan-teknologi-intruksional-ke-dalam-pendidikan-tinggi …
Baca Death of Corporate University by Bersin …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s