11. Kenapa ada pilar Organizational Research Centre dalam CorpU ?

CorpU adalah perangkat strategis yang digunakan perusahaan untuk menyelaraskan penyiapan kapasitas SDM dengan peningkatan kapasitas dan efektifitas organisasi. Dalam Organisasi perusahaan secara umum terdapat tiga tingkatan peran. Peran strategis, taktis dan operatif. Ada juga yang membagi tingkatan organisasi, tim dan individu. Setiap tingkatan tersebut berelasi dengan proses kerja yang dilakukan untuk menghasilkan output dan manfaat bagi perusahaan. Beberapa kunci sukses yang menyertainya adalah data dan informasi, ketersediaan SDM jumlah dan kualitas, alat bantu dan sistem monitoring, serta sistem pengukuran kinerja.

orgdiag

Namun pada kenyataanya tidak mudah melakukan perubahan organisasi dengan cepat dan efektif mengikuti perubahan strategi bisnis dan kebutuhan pelanggan. Selain itu unsur pendukung pembelajaran (intangible asset) seperti SDM, Sistem dan Teknologi serta Organisasi tidak bisa berjalan sendiri karena berhubungan dengan dimensi kunci ketersediaan (readiness), keselarasan (alignment) dan integrasi (integration).

Secara umum organisasi memiliki dimensi utama berupa pengendalian, kordinasi, hirarki pelaporan antar tingkat dalam bagan organisasi dan kebijakan kompensasi pegawai. Pengendalian ada yang bersifat formal terkait dengan anggaran dan indikator keuangan dan yang bersifat non formal seperti budaya perusahaan. CorpU berfokus pada penyediaan kapasitas SDM bertalenta tinggi yang membutuhkan pengorganisasian yang tepat guna dalam setiap tingkat internal proses bisnis dalam menyediakan layanan berkualitas sesuai dengan kebutuhan pelanggan, yang pada akhirnya diapresiasi pelanggan dalam bentuk manfaat finansial dan non finansial.

pbo

Pengorganisasian yang menjaga integrasi dan keselarasan dengan dinamika perusahaan inilah yang mengharuskan adanya pusat pengkajian organisasi dalam CorpU. Agar setiap perubahan strategi dapat direspon dengan perubahan struktur pendukung yang membutuhkan kebijakan organisasi yang juga dinamis dan dapat dieksekusi dan dikelola perubahannya oleh internal perusahaan. Dengan adanya CorpU maka struktur organisasi akan bertransformasi berbasis proses (Process Based Organization-PBO) yang menyeimbangkan antara fungsi yang bersifat vertikal dan proses yang bersifat horisontal untuk menghasilkan kesuksesan pada perusahaan dan pelanggan (output to outcome).

Melalui pilar pengkajian organisasi dalam CorpU inilah dapat dilakukan inovasi pembelajaran yang paling tepat guna diterapkan dalam perusahaan untuk meningkatkan secara langsung kapasitas dan efektifitas organisasi dalam mencapai kinerja yang telah direncanakan dan terus tumbuh secara berkesinambungan.


Baca Corporate University Menjadi Katalis Dalam Organisasi …
Baca CorpU sebagai model ajeg pembelajaran bagi karyawan …
Baca Learning Growth Perspective ….
Baca Learning and Growth Perspective Tools, culture and people …
Baca Menjadi Organisasi berbasis proses …
Baca Kelemahan Struktur Organisasi Berbasis Fungsional …
Baca eTOM and process based organization to drive customer outcomes …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s