10. Kenapa dibutuhkan Kemitraan Pembelajaran dalam CorpU ?

Dalam era sosial network yang sangat dinamis dan bergesernya polarisasi fitur produk dan layanan dari kendali penyedia menjadi kekuatan komunitas pasar dan pelanggan, mendorong perusahaan untuk merespon dengan cepat dinamika tersebut menjadi entitas terbuka. Jika tidak perusahan akan sulit untuk menjaga kualitas layanan yang memenuhi harapan pelanggan dalam bentuk apresiasi manfaat dari kualitas layanan yang diberikan.

Salah satu bentuk driver yang dihasilkan komunitas adalah munculnya berbagai standar dan kerangka kerja (framework) untuk menjembatani penyedia jasa, penyedia sistem pendukung dan pelanggan itu sendiri. Standar ini juga menjadi acuan agar berbagai perusahaan dapat saling bekerjasama untuk mencapai kriteria triple crown dengan tiga dimensi : cycle time (kecepatan), cost (biaya) dan quality of service (kualitas layanan) yang semuanya dapat meningkatkan nilai tambah dan manfaat sebuah perusahaan. Driver lain adalah kebutuhan personalisasi layanan setiap pelanggan dan perubahan harga yang dinamis dalam akses komunikasi jaringan sosial berbasis komunitas pelanggan yang independen.

alliance

Pola kerjasama dan kemitraan dalam injeksi pengetahuan dan keterampilan ini harus dipetakan kedalam arsitektur proses bisnis masing yang menjadi fokus peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan sistem yang ada. Perspektif nilai tambah baik manfaat finansial dan non finansial menjadi landasan utama dalam bentuk peningkatan kualitas layanan yang didukung oleh internal proses dan sistem pendukung utamanya (SDM, Teknologi dan Organisasi). Arsitektur proses bisnis ini menjadi share context yang paling efektif sebagai dasar kemitraan pembelajaran dalam CorpU. Hal ini disebabkan agar injeksi dan pengembangan SDM tetap selaras dengan kebijakan di tingkat strategis, taktis dan operatif terkait dengan pemilik proses dan struktur posisi SDM disetiap fungsi organisasi.

Dengan pemetaan yang benar pada injeksi sumber pengetahuan dari luar perusahaan pada setiap proses kritis dapat dijaga relasi untuk meningkatkan kapasitas organisai dan nilai tambah setiap proses dengan context disetiap domain sistem seperti : data, informasi, sdm pelaksana, alat bantu teknlogi yang tepa guna, pengukuran kinerja dan manfaat yang maksimal sesuai dengan strategi kepemimpinan dan fokus pelayanan pada pelanggan.

Baca Strategic Directions in The Management of The CorpU Google Book …
Baca CorpU Alliance and Engineering System Research oleh George Roth pdf …
Baca Alliances and Partnerships for Corporate Learning oleh Rose pdf …
Baca Innovative Corporate/University Alliances oleh Meister …
Baca Making Industry-University Partnership Work pdf …
Baca Analisis Potensi Partnership oleh Orpha Jane pdf …
Baca Monash University Jalin Kemitraan dengan Institut Management Telkom …
Baca Pertamina Bikin CorpU Demi Punya SDM Kelas Dunia …
Lihat Video Kerjasama PLN Corporate University dengan KEPKO …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s